cakwigi@blogdetik.com

HIJAUNYA KAWASAN PABRIK SEMENKU

20 Dec 2014 - 20:38 WIB

Jalan menuju area tambang milik semenku begitu hijau dan asrinya

Jalan menuju area tambang milik semenku begitu hijau dan asrinya

Siapa yang tidak tau semen gresik yang sekarang berubah nama menjadi semen Indonesia, produsen semen terbesar di asia tenggara berdiri sejak 1958 dan waktu itu yang meresmikan adalah pak karno presiden petama negeri ini.
Saat ini semenku memiliki 2 pabrik yang ada di jawa timur 1 di gresik dan 1 lagi di tuban, kemarin saya mempunyai kesempatan untuk berkunjung pabrik yang di tuban dalam acara Green industry semen Indonesia. Ini kesempatan saya melihat bagaimana besar, megah dan hijauhnya pabrik semenku, selama ini saya hanya bisa melihat dari balik pagar dan kalau lagi berpergian naik bus atau kereta api hanya tampak lampu kelap kelip di area pabrik jika malam hari.

Bahan baku semen di angkut menggunakan truck ukuran jumbo lihat hampir tak ada debu yang beretebangan

Bahan baku semen di angkut menggunakan truck ukuran jumbo lihat hampir tak ada debu yang berterbangan

Begitu masuk area pabrik kami pun di sambut deretan truk pengakut bahan baku semen, saya pun tersepona karena hampir tidak ada debu yang keluar dari kendaran kendaraan tersebut padahal jalan yang di lewati makadam atau masih berupah tanah liat, usut punya usut ternyata jalan - jalan ini setiap pagi sudah disiram sama petugas dan disamping kanan kiri pabrik terdapat banyak pepohonan yang tubuh subur dan memayungi jalan tersebut.
Inilah fungsi pepohonan yang kita tanam di samping kanan kiri selain buat penghijaun tumbuhan mahoni fungsi tanaman tersebut selain buat penghijaun juga sebagai penahan debu supaya tidak berterbangan kemana mana selain itu sebagai penghasil oksigen.

hal yang tak lazim kita temui di pabrik semenku di Tuban para petani hilir mudik di kawasan pabrik

hal yang tak lazim kita temui di pabrik semenku di Tuban para petani hilir mudik di kawasan pabrik

Selain itu hamparan tanaman singkong, padi, polowijo dan lainya tumbuh subur layaknya di tanah pertanian didaerah pegunungan padahal dulunya tanah ini tanah kapur tandus hanya bisa tanammi pada saat musim hujan saja.
Semenku menyulap lahan bekas tambang menjadi lahan pertanian ada juga yang di jadikan embung, perumahan dan hutan buatan, ini bisa dilihat dipabrik semenku di gresik bekas tambangnya dijadikan area perumahan dan air hujan yang di tampung dalam embung dan airnya di manfaatkan pada saat musim kemarau tiba
Pabrik semenku yg tuban tak ubahnya seperti pabrik dalam hutan jika itu dilihat dari atas, karena di sekitar pabrik lahan pertanian ini tumbuh subur petani berhilir mudik bersamaan dengan truck jumbo yang mengakut bahan baku semen.

kawasan pabrik yang hijau dan asri

kawasan pabrik yang hijau dan asri

Masuk ke area pabrik lagi lagi saya di sajikan sebuah taman yang asri dan hijau ini lah bukti kalau semenku ikut peduli terhadap penghijaun dan lingkungan pabrik dan hasil dari lahan pertanian semenku tidak mengambil sepeser pun bahkan kita ( semenku ) juga memberikan pupuk, bibit tanaman dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada petani dan penduduk sekitar pabrik, selain itu dengan program CSR ya semenku juga memberdayakan UKM UKM yang ada di sekitar pabrik . Ini sebagai langkah nyata bahwa kita juga peduli terhadap kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan pabrik dan ini bukti nyata bahwa semenku mendukung adanya program green industry di Indonesia


TAGS   semenku / gresik / tuban / semen /


Author

Recent Post

Recent Comments

Categories

Archive